Selamatkan Perempuan dari Kanker Serviks

edy s 12 Februari 2020 14:19:37 WIB

Giripanggung (giripanggung-tepus.desa.id). Rabu (12/02/2020) di Desa Giripanggung diselenggarakan kegiatan rapat koordinasi rutin Kader KB. Kegiatan tersebut dilaksanakan setiap bulan sekali. Peserta terdiri dari seluruh Kader IMP se-Desa Giripanggung yang meliputi PPKBD, Sub PPKBD dan Kader Kelompok RT tingkat RT. Tujuan kegiatan rutin untuk mengevaluasi pelaksanaan program KKBPK yang ada di wilayah Desa Giripanggung, serta merencanakan kegiatan yang akan dilaksanakan di bulan berikutnya.

Penyuluh KB (Dwi Lestiyandari) menyampaikan tentang evaluasi pencapaian program KKBPK bulan Januari dan rencana tindak lanjut bulan berikutnya juga persiapan menyongsong lomba desa. Kegiatan KKBPK yang akan ditampilkan besuk dalam lomba desa antara lain kegiatan BKB yang akan diwakili oleh BKB Abinawa,  kegiatan BKL oleh BKL Sehat,  dan BKR oleh BKR Arjuna.

Setelah disampaikan materi evaluasi dan RTL kemudian diisi dengan penyuluhan Kanker Serviks dari Yayasan Penyelamat Perempuan dari Kanker Serviks. Materi yang disampaikan berkaitan dengan penyebab kanker serviks dan hal-hal yang bisa dilakukan agra para perempuan dapat terhindar dari kanker serviks.

Ali selaku narasumber dari Yayasan Penyelamat Perempuan dari Kanker Serviks  menyampaikan hal-hal yang bisa dilakukan agar terhindar dari kanker serviks antara lain :

  1. Menjaga kebersihan organ intim
  2. Hindari seks bebas
  3. Hindari penggunaan pembalut kualitas rendah dan lebih dari 3 jam
  4. Cek/deteksi organ intim secara dini dan berkala
  5. Adakan perawatan organ intim secara teratur dan berkelanjutan agar kondisi pH vagina pada pH yang seimbang yaitu 3,5 – 4,5.
Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar