BERSIH DUSUN (RASULAN) PADUKUHAN REGEDEG

12 Juli 2019 12:51:48 WIB

Giripanggung (giripanggung-tepus.desa.id) Rabu 10 Juli 2019, salah satu Padukuhan di Desa Giripanggung yaitu Padukuhan Regedeg melaksanakan kegiatan Bersih Dusun atau biasa disebut dengan Merti Dusun atau Rasulan. Kegiatan tersebut diadakan setiap tahunnya pada hari dan bulan yang sudah disepakati oleh sesepuh padukuhan. Inti dari kegiatan bersih dusun tersebut adalah wujud rasa syukur warga masyarakat atas apa yang telah diperoleh baik dari hasil pertanian, perdagangan, dan yang lainnya satu tahun ini.

Dalam acara tersebut dimulai dengan kirab oleh masyarakat dengan membawa arak-arakan gunungan. Warga masyarakat Padukuhan Regedeg juga memakai pakaian adat dalam pelaksanaany. Rute kirab dimulai dari lingkungan RT 05 kemudian RT 04, RT 03,RT 02, RT 01 dan terakhir menyerahkan gunungan dari ketua panitia rasulan ke Dukuh Regedeg di Balai Padukuhan. Setelah acara penyerahan tersebut kemudian dilaksanakan kenduri yang dipimpin oleh sesepuh padukuhan. Acara kenduri selesai dilanjutkan berbagai pertunjukan kesenian daerah seperti Jathilan dan wayang kulit di malam harinya.

Diadakannya bersih dusun bukan hanya ungkapan rasa syukur tetapi juga doa agar di tahun depan atau musim panen tahun depan lebih banyak rejeki yang didapatkan oleh warga masyarakat sehingga Padukuhan Regedeg bisa makmur.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar