Komunikasi Informasi Edukasi (KIE) Pekerja sosial Masyarakat

15 Maret 2019 12:34:23 WIB

Rabu, 13 Maret 2019 di Desa Giripanggung dilaksanakan kegiatan Komunikasi Informasi Edukasi Pekerja Sosial Masyarakat. Kegiatan tersebut menghadirkan IPSM Desa, IPSM Se-Kecamatan Tepus, serta tokoh masyarakat dan pemuda diwilayah Desa Giripanggung. Kegiatan KIE PSM ini juga dihadiri oleh Camat Tepus yang diwakili oleh Kasi Kesos Kecamatan, Penjabat Kepala Desa serta Bhanbinkamtibmas Desa Giripanggung. Dihadiri pula Kepala Dinas Sosial Kabupaten Gunungkidul dan Ketua IKPSM Kabupaten Gunungkidul selaku narasumber kegiatan.

Dalam sambutannya Penjabat Kepala Desa Giripanggung berharap agar kegiatan pada hari ini dapat berjalan dengan baik dan lancar. Sambutan selanjutnya yaitu oleh Kasi Kesos Kecamatan Tepus mewakili Camat Tepus menyampaikan bahwa pada intinya kegiatan Pekerja Sosial Masyarakat dilandasi oleh Pancasila.

Narasumber pertama yaitu Kepala Dinas Sosial Kabupaten Gunungkidul menyampaikan bahwa Pekerja Sosial Masyarakat adalah pekerja sosial yang mempunyai kesadaran dalam bidang kemasyarakatan. Faktor-faktor permasalahan masyarakat terdiri dari berbagai macam bidang misal ekonomi, budaya, pendidikan, kesehatan serta masih banyak lagi. Dinas Sosial berharap dengan adanya kegiatan ini khususnya untuk seluruh anggota PSM dan masyarakat pada umumnya dapat mencegah dan menyelesaikan berbagai macam masalah sosial tersebut sebelum permasalahan muncul ke publik.

Selanjutnya penyampaian dari Narasumber yang kedua yaitu Ketua IKPSM Kabupaten Gunungkidul. Beliau menyampaikan bahwa Pekerja Sosial Masyarakat tidak membutuhkan pujian ataupun materi. Mereka bekerja tanpa pamrih atas dasar keikhlasan. Pekerja Sosial Masyarakat ada pada kegiatan-kegiatan ataupun permaslahan sosial  di masyarakat. Beliau juga menyampaiakan bahwa harus ada koordinasi di tingkat Desa  dan Pekerja Sosial Masyarakat ditingkat Desa harus bisa membuat jejaring karena hal tersebut menjadi potensi sumber kesejahteraan sosial.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar