KKN UAD 2018 Gelar Penyuluhan Kesehatan dan Psikologi Masyarakat

19 Februari 2018 11:21:47 WIB

Tanggal 15 Februari 2018 mahasiswa KKN Universitas Ahmad Dahlan (UAD) mengadakan penyuluhan kesehatan masyarakat di Padukuhan Bolang, Giripanggung. Penyuluhan dihadiri ibu-ibu yang berasal dari Rukun Tetangga (RT) satu sampai Rukun Tetangga (RT) lima. Ibu-ibu tersebut termasuk kedalam keanggotaan PKK di Padukuhan Bolang yang selalu aktif mengadakan kegiatan-kegiatan maupun perkumpulan rutin.

Penyuluhan ini terdiri dari 2 materi kesehatan dan 1 materi psikologi. Materi kesehatan yaitu mengenai Perbedaan DBD dengan Malaria dan Pembuatan Oralit sebagai pertolongan pertama sakit diare. Sementara penyuluhan tentang psikologi membahas tentang Penanggulangan Stres pada Orang Dewasa.

Materi Perbedaan DBD dengan Malaria disampaikan oleh Siti Fatonah yang merupakan mahasiswi Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat. Fatonah dengan atraktif menjelaskan perbedaan dari penyakit yang sama-sama berasal dari nyamuk. Fatonah juga tidak lupa memberikan himbauan kepada ibu-ibu PKK untuk senantiasa menjaga kebersihan lingkungan agar perkembangbiakan nyamuk dapat diminimalisir.

Pemuatan Oralit sebagai pertolongan pertama sakit diare disampaikan oleh Isna Rihhadatul dari Program Studi Farmasi. Pada materi ini Isna mempraktikkan secara langsung cara pembuatan oralit untuk mengatasi diare. Isna juga menegaskan Oralit tersebut hanya sebagai pertolongan awal, jika diare masih berlanjut harus segera ke dokter.

Materi yang terakhir mengenai Penanggulangan Stres disampaikan oleh Rini Wiyarso dari Progam Studi Psikologi. Pada materi yang terakhir terlihat ekspresi yang sangat ceria dari ibu-ibu PKK Padukuhan Bolang dikarenakan pada materi ini Rini menyisipkan sedikit keahlian dalam bidang Psikologinya, sehingga membuat peserta gembira.

Rahmat Hidayat selaku ketua Unit KKN XI.D.1 menegaskan bahwa masa KKN adalah masa dimana pertukaran ilmu pengetahuan antara mahasiswa terhadap masyarakat disekitar. Dengan adanya Penyuluhan Kesehatan dan Psikologi ini diharapkan agar dapat membuat masyarakat sadar akan pentingnya hidup sehat dan senantiasa menjaga kebersihan lingkungan sekitar. 

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar