Badan Kesbangpol Gunungkidul; Pembinaan Kerukunan Umat Beragama di Giripanggung

edy s 11 Oktober 2023 11:06:14 WIB

Giripanggung (desagiripanggung.gunungkidulkab.go.id). Pada hari Rabu (11/10/2023) Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Gunungkidul menyelenggarakan pembinaan kerukunan umat beragama di Balai Kalurahan Giripanggung. Kegiatan ini bertujuan untuk memperkuat kerukunan antar umat beragama di wilayah Kalurahan Giripanggung.

Pembinaan kerukunan umat beragama sangat penting untuk memperkuat sikap perdamaian dan toleransi antar umat beragama. Acara ini menhadirkan narasumber dari Plt Kepala Kejaksaan Negeri Gunungkidul Rina Idawani, S.H., C.N., MM. dan anggota Forum Kerukunan Umat Beragama Gunungkidul Drs. KH. Akhmad Kharis Masduki, M.Si..

Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Badan Kesbangpol Gunungkidul yang diwakili Kabid Kesatuan Bangsa Nani Asyfiah, S. Sos., M.Si. beserta jajarannya, Lurah Giripanggung beserta Pamong Kalurahan, Babinsa dan Bhabinkamtibmas Giripanggung, Ketua Bamuskal beserta anggota, peserta berasal dari unsur Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, serta Lembaga Kemasyarakatan Kalurahan.

Pembinaan kerukunan umat beragama memiliki beberapa tujuan, seperti meningkatkan pemahaman tentang pentingnya kerukunan antar umat beragama dalam membangun masyarakat yang harmonis dan toleran. Selain itu, pembinaan ini juga bertujuan untuk memperkuat kerjasama dan kolaborasi antara pihak kejaksaan dan forum kerukunan umat beragama dalam menjaga kerukunan di Kabupaten Gunungkidul.

Kerukunan umat beragama memiliki manfaat yang sangat penting bagi masyarakat, di antaranya menciptakan lingkungan yang aman, damai, dan harmonis bagi semua warga masyarakat. Kerukunan umat beragama juga dapat meningkatkan toleransi dan saling menghormati antar umat beragama, serta membangun kebersamaan dan solidaritas di antar umat beragama.

Pembinaan kerukunan umat beragama merupakan upaya yang penting dalam menjaga kerukunan dan mengatasi potensi konflik yang mungkin timbul. Dengan adanya kegiatan seperti ini, diharapkan masyarakat Kalurahan Giripanggung dapat lebih aktif dalam menjaga kerukunan dan membangun masyarakat yang maju dan sejahtera.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar