Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) di Kalurahan Giripanggung: Mendorong Pola Hidup Sehat

edy s 20 September 2023 12:31:45 WIB

Giripanggung (desagiripanggung.gunungkidulkab.go.id). Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) merupakan program yang digalakkan oleh pemerintah untuk mendorong pola hidup sehat di kalangan masyarakat. Salah satu implementasi GERMAS terjadi di Kalurahan Giripanggung.

GERMAS bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kesehatan melalui penerapan pola hidup sehat. Dalam konteks Kalurahan Giripanggung, GERMAS dilakukan melalui berbagai kegiatan sosialisasi, edukasi, dan promosi kesehatan.

Dalam program GERMAS, masyarakat Giripanggung didorong untuk menjaga kebersihan lingkungan, seperti rutin membersihkan tempat-tempat umum, mengelola sampah dengan baik, dan menjaga kebersihan sanitasi. Selain itu, masyarakat juga didorong untuk menerapkan pola makan sehat dengan mengonsumsi makanan bergizi dan seimbang.

Selain aspek kebersihan dan pola makan, GERMAS juga mengedepankan pentingnya aktivitas fisik dalam kehidupan sehari-hari. Masyarakat Giripanggung didorong untuk aktif berolahraga dan menjaga kebugaran tubuh. Kegiatan-kegiatan seperti senam, jalan pagi, dan kegiatan olahraga lainnya diadakan secara rutin untuk melibatkan masyarakat dalam aktivitas fisik.

Dalam upaya meningkatkan kesadaran masyarakat terkait GERMAS, pemerintah Kalurahan Giripanggung bekerja sama dengan berbagai pihak, termasuk lembaga kesehatan (UPT Puskesmas Tepus II) dan organisasi masyarakat. Melalui kolaborasi ini, mereka mengadakan berbagai kegiatan, seperti seminar kesehatan, penyuluhan, dan pemeriksaan kesehatan gratis.

Dengan adanya program GERMAS di Kalurahan Giripanggung, diharapkan masyarakat dapat semakin sadar akan pentingnya menjaga kesehatan dan menerapkan pola hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari. Dengan pola hidup yang sehat, diharapkan tercipta masyarakat yang lebih produktif dan berkualitas hidup yang lebih baik.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar