BPBD DIY Bentuk Kalurahan Tanggap Bencana di Giripanggung

edy s 20 September 2023 11:44:48 WIB

Giripanggung (desagiripanggung.gunungkidulkab.go.id). Dalam pembentukan kalurahan tanggap bencana, kalurahan dan masyarakatnya berperan penting dalam menghadapi ancaman bencana. Kalurahan tanggap bencana bertujuan untuk meningkatkan kesiapsiagaan, mitigasi, dan pemulihan pasca bencana.

Kalurahan tanggap bencana melibatkan partisipasi aktif masyarakat dalam proses perencanaan dan pelaksanaan kegiatan yang berhubungan dengan pengurangan risiko bencana. Masyarakat dilibatkan dalam identifikasi dan penilaian risiko, perencanaan evakuasi, penyusunan rencana tanggap darurat, serta pelatihan dan simulasi bencana.

Salah satu langkah penting dalam pembentukan kalurahan tanggap bencana adalah pendidikan dan penyuluhan kepada masyarakat mengenai bahaya bencana, tindakan pencegahan, dan tindakan tanggap darurat. Masyarakat perlu diberikan pemahaman tentang tanda-tanda awal bencana dan prosedur evakuasi yang aman.

Selain itu, kalurahan tanggap bencana juga melibatkan upaya dalam membangun infrastruktur yang tahan terhadap bencana. Misalnya, membangun posko evakuasi, jalan evakuasi yang mudah diakses, serta sistem peringatan dini yang efektif.

Pentingnya kerjasama antara kalurahan dengan pemerintah, lembaga swadaya masyarakat, dan relawan juga tidak bisa diabaikan. Kolaborasi ini memungkinkan penyediaan bantuan dan dukungan yang diperlukan saat terjadi bencana.

Dalam kesimpulannya, pembentukan kalurahan tanggap bencana merupakan langkah penting dalam mempersiapkan masyarakat menghadapi ancaman bencana. Melalui partisipasi aktif masyarakat, pendidikan, dan kerjasama antara kalurahan dan berbagai pihak terkait, diharapkan dapat tercipta kalurahan yang tanggap dan mampu mengurangi risiko serta memulihkan diri pasca bencana.

Dalam pembentukan Kalurahan Tanggap Bencana ini BPBD DIY menyelenggarakan Rakornis di Kalurahan Giripanggung dari tanggal 14 September 2023 sampai dengan tanggal 27 September 2023.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar