Pembinaan Rutin Kader Posyandu Kalurahan Giripanggung

edy s 03 Mei 2023 11:25:22 WIB

Giripanggung (desagiripanggung.gunungkidulkab.go.id). Kegiatan pembinaan kader Posyandu dan pemantauan kesehatan lingkungan masyarakat, Kalurahan Giripanggung melalui Posyandu berperan penting dalam mencegah risiko stunting pada anak.

Pembinaan tersebut diselenggaraka pada Selasa (02/05/2023) di Ruang Rapat Kalurahan Giripanggung, Kapanewon Tepus, Gunungkidul dihadiri oleh 75 kader posyandu se-Kalurahan Giripanggung dengan narasumber dari UPT Puskesmas Tepus II.

Izzatun Nisa selaku tenaga kesehatan Puskesmas, menjelaskan bahwa pembinaan Kader Posyandu ini merupakan koordinasi rutin setiap bulan. Monitoring evaluasi (monev) tumbuh kembang balita bertujuan untuk menurunkan angka kelahiran guna menekan angka stunting di Kalurahan Giripanggung.

Tiap bulannya ada beberapa hal yang perlu dilaporkan, seperti penimbangan berat badan balita, ukur tinggi badan dan pemberian makanan tambahan,'' ungkap Izzatun.

Dalam kegiatan pembinaan kader Posyandu, juga disampaikan terkait pemantauan kesehatan lingkungan oleh Kader Posyandu. 

Yelly selaku nakes puskemas bagian kesehatan lingkungan masyarakat menuturkan bahwa tumbuh kembang balita yang sehat dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti penyehatan air, monitoring inspeksi kesehatan lingkungan, dan klinik sanitasi.

Tenaga Puskesmas Tepus II sangat terbatas sehingga tidak semua kegiatan terjun ke masyarakat, karena itu semua kegiatan dapat terpantau dengan bantuan kader-kader Posyandu,” terang Yelly.

Lurah Giripanggung memparkan bahwa kegiatan rutin tiap bulannya tersebut. Sebab melalui program tersebut harapannya angka stunting mampu ditekan dan meningkatkan orientasi kesehatan di masyarakat.

Kami menjalankan mandat dari Dinas Kesehatan untuk tetap memonitoring angka stunting dan meningkatkan level kesehatan masyarakat. Harapannya angka kesadaran masyarakat akan pentingnya kesehatan lingkungan dapat terus meningkat,'' pungkas Ngadi.

https://gunungkidul.sorot.co/berita-107018-link.html

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar