Bimbingan Teknis Pendataan SDGs Tahun 2023

edy s 15 Maret 2023 14:06:59 WIB

Giripanggung (desagiripanggung.gunungkidulkab.go.id). Pemerintah Kalurahan Giripanggung hari ini Rabu (15/03/2023) menyelenggarakan bimbingan teknis bagi Enumator Pendataan SDGs tahun 2023. Bimbingan teknis diselenggarakan di Balai Kalurahan Giripanggung.

Hadir dalam bimbingan teknis Lurah Giripanggung selaku Pembina, Bhabinkamtibmas dan Babinsa selaku Mitra, dan 60 enumator dari 60 wilayah RT di Kalurahan Giripanggung. Hadir selaku narasumber dari Pendamping Desa Kapanewon Tepus dan Pendamping Lokal Desa Kapanewon Tepus.

Bimtek ini bertujuan untuk pembangunan yang menjaga peningkatan kesejahteraan ekonomi masyarakat secara berkesinambungan, pembangunan yang menjaga keberlanjutan kehidupan sosial masyarakat, pembangunan yang menjaga kualitas lingkungan hidup serta pembangunan yang menjamin keadilan dan terlaksananya tata kelola yang mampu menjaga peningkatan kualitas hidup dari satu generasi ke generasi berikutnya.

SDGs merupakan komitmen global dan nasional dalam upaya untuk menyejahterakan masyarakat mencakup 17 tujuan yaitu:

  1. Desa tanpa kemiskinan
  2. Desa tanpa kelaparan
  3. Desa sehat dan sejahtera
  4. Pendidikan desa berkualitas
  5. Desa berkesetaraan gender
  6. Desa layak air bersih dan sanitasi
  7. Desa yang berenergi bersih dan terbarukan
  8. Pekerjaan dan pertumbuhan ekonomi desa
  9. Inovasi dan infrastruktur desa
  10. Desa tanpa kesenjangan
  11. Kawasan pemukiman desa berkelanjutan
  12. Konsumsi dan produksi desa yang sadar lingkungan
  13. Pengendalian dan perubahan iklim oleh desa
  14. Ekosistem laut desa
  15. Ekosistem daratan desa
  16. Desa damai dan berkeadilan
  17. Kemitraan untuk pembangunan desa
  18. Kelembagaan desa dinamis dan budaya desa adaptif.

Pendamping Desa, Yunus Wibowo mengatakan, "pemutakhiran data berbasis SDGs kalurahan tersebut akan memberikan gambaran riil terkait kondisi kalurahan dan masyarakat kalurahan. Pemutakhiran data kalurahan akan dilakukan secara by name by address. Nanti akan kelihatan posisi kemiskinan di Kalurahan ini."

"Karena yang kita gali adalah data kalurahan, data RT, data keluarga dan data warga. Maka kita bicara by name by address. Karena tidak mungkin kita bicara wilayah mikro kalau datanya tidak begitu,” ujarnya. Yunus Wibowo menambahkan, "arah kebijakan SDGs Kalurahan dilakukan untuk mempermudah Lurah dalam menentukan kebijakan-kebijakan pembangunan."

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar