Gua Kedokan, Potensi Tersembunyi di Kalurahan Giripanggung

edy s 27 Oktober 2022 13:28:22 WIB

Giripanggung (desagiripanggung.gunungkidulkab.go.id). Goa Kedokan merupakan goa yang teletak di Padukuhan Regedeg, Kalurahan Giripanggung, Kapanewon Tepus. Meskipun dulu sempat dimanfaatkan warga sekitar untuk pemenuhan kebutuhan air sehari-hari, kini Goa Kedokan dibiarkan terbengkalai.

Goa Kedokan tersebut menyuguhkan terowongan yang di dalamnya ada semacam aliran sungai. Dukuh Regedeg, Suranto menjelaskan, jika terakhir aliran sungai dalam goa terakhir digunakan terakhir sekitar tahun 1990-an.

Dulu digunakan untuk konsumsi warga, buat nyuci juga, nyuci di atas mulut goa. Itu kan dibikin ada semacam tempat nyuci,” jelas Suranto

Suranto mengungkapkan sejak ada air PDAM, warga tidak manfaatkan aliran sungai di dalam goa tersebut. Karena banyak warga telah beralih menggunakan air PDAM.

Masuk dari mulut goa hingga sampai pada aliran sungai memiliki kedalaman kurang lebih 30 meter dan sudah dibuat anak tangga permanen. Sementara untuk penerangannya, Suranto menyebut dulu sempat menggunakan listrik, namun karena tidak ada perawatan sekarang ini sudah tidak ada lagi.

Hingga kini akses menuju Goa Kedokan sudah sangat sulit, karena suah tertutupi rerimbunan pepohonan bamboo dan rerumputan.

Ia berharap kedepannya Goa Kedokan ini dapat dimanfaatkan dan dikelola sebagai tempat wisata.

Sebetulnya luweng (goa) ini juga berpotensi dijadikan wisata, kalau ada dana. Misal diadakan kereta gantung, atas tebing dibuat kolam renang, spot selfie. Tebingnya kan tinggi itu, sekitar 25 meter. Tapi ini juga baru angan-angan dari warga,” lanjutnya.

.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar