Peringati Satu Dasawarsa Keistimewaan, Karang Taruna Kropak Pentaskan Seni Kethek Ogleng

edy s 30 Agustus 2022 09:03:09 WIB

Giripanggung (desagiripanggung.gunungkidulkab.go.id). Dalam rangka memperingati 1 Dasawarsa Keistimewaan Daerah Istimewa Yogyakarta, Karang Taruna Padukuhan Kropak dan Ngampel, Kalurahan Giripanggung, Kapanewon Tepus, menggelar kesenian Kethek Ogleng, Senin (29/08/2022) siang. Kesenian Kethek Ogleng yang dibawakan oleh Kelompok Seni Wanoro Seto ini disaksikan warga hingga akhir.

Sadiyo, Ketua Kelompok Kesenian Kethek Ogleng Wanoro Seto mengatakan bahwa ia hanyalah kepanjangan tangan dari para sesepuh dalam melestarikan Kethek Ogleng ini yang merupakan kesenian asli Padukuhan Gupakan.

Demi bisa melestarikan kesenian Kethek Ogleng, Sadiyo meregenerasi anggota dengan cara mengajarkan kesenian ini kepada mereka yang lebih muda agar nantinya dapat terus diwariskan.

Jadi kesenian ini sudah turun menurun. Saya hanya mengikuti para sesepuh dulu. Saya dilatih jadi ogleng. Sesepuh saya sudah tidak ada jadi digantikan oleh saya. Terus ini juga ada yang muda-muda nanti tampil itu kita ajarkan biar pada bisa. Saya dan yang sebaya saya tetap ikut untuk memandu mereka,” ungkap Sadiyo.

Sadiyo juga menyampaikan bahwa apabila akan tampil mementaskan kesenian Kethek Ogleng ini. Mereka terkendala kostum yang digunakan untuk tampil. Sebab kelompoknya belum memiliki kostum sendiri, sehingga mereka harus menyewa kostum yang nantinya akan dikenakan untuk tampil. 

Ia berharap semoga pemerintah bisa memberi uluran tangan dan juga lebih memperhatikan kesenian Kethek Ogleng, karena menurutnya kesenian Kethek Ogleng ini merupakan kesenian hiburan yang sangat dinanti-nanti banyak orang. Hal ini dibuktikan dengan seringnya mereka pentas karena ditanggap orang apabila ada hajatan.

Acara pentas yang berlangsung mulai pukul 13.00 WIB di lapangan SDN Kropak, Padukuhan Kropak ini disaksikan oleh warga. Tampal pula banyak anak kecil yang bahkan sampai mengikuti gerakan para pemain Kethek Ogleng.

http://gunungkidul.sorot.co/berita-105613-link.html

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar