Rembug Stunting, Konvergensi Pencegahan dan Penanganan Stunting di Kalurahan Giripanggung

edy s 30 Juni 2022 14:39:52 WIB

Giripanggung (desagiripanggung.gunungkidulkab.go.id). Pemerintah Kalurahan Giripanggung menyelenggarakan Rembug Stunting Kalurahan dalam rangka Konvergensi Pencegahan dan Penanganan Stunting Tahun 2023 pada Kamis (30/06/2021) di Balai Kalurahan Giripanggung. Hadir dalam kegiatan tersebut Pendamping Lokal Desa Kapanewon Tepus, Kepala UPT Puskesmas Tepus II, Penyuluh KB Kapanewon Tepus, Bhabinkamtibmas, Bamuskal Giripanggung, Lurah beserta Pamong, KPM, serta perwakilan masyarakat dari 14 padukuhan.

Diawali pengarahan dari Kepala UPT Puskesmas Tepus II dr. Damayanti Mustikarini, M.P.H., pemaparan hasil pemetaan dan diagnosis permasalahan stunting di Kalurahan Giripanggung berdasarkan eHDW oleh KPM Sulastri, rembug stunting di Kalurahan Giripanggung menghasilkan usulan kegiatan/program Konvergensi Pencegahan dan Penanganan Stunting yang akan di bawa ke Muskal RKPKal Kalurahan Giripanggung Tahun 2023. Hasil dari rembug stunting antara lain :

  1. Layanan Konseling Nutrisi Terpadu, meliputi : Pelatihan bagi kader untuk tim melakukan kunjungan rumah, Meningkatkan kesadaran tentang konseling rutin orang tua/pengasuh Balita, dan Pelatihan pemanfaatan tanah pekarangan untuk kebun gizi.
  2. Layanan Jaminan Kesehatan, meliputi : Meningkatkan kesadaran pentingnya jaminan kesehatan bagi anak.
  3. Layanan Kesehatan Ibu dan Anak, meliputi : Pengadaan alat infantometer dan tensimeter.

Delegasi yang ditunjuk untuk menjadi perwakilan dalam melakukan advokasi hasil rembuk stunting pada forum perencanaan kalurahan dalam Muskal dan Musrenbangkal adalah Sulastri dan Wasgiyanti selaku Kader Pembangunan Manusia Kalurahan Giripanggung.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar