Malem Selikuran, Tradisi Sambut Sepuluh Hari Terakhir Bulan Ramadhan

edy s 22 April 2022 05:27:33 WIB

Giripanggung (desagiripanggung.gunungkidulkab.go.id). Masyarakat Kalurahan Giripanggung pada umumnya setiap tanggal dua puluh Bulan Ramadhan menyelenggarakan tradisi malem selikuran. Salah satunya masyarakat Padukuhan Kropak yang menyelenggarakan tradisi malem selikuran pada hari kamis (21/04/2022).

Tradisi selikuran yang dikuti oleh warga Padukuhan Kropak ini dalam rangka menyambut datangnya sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan. Dengan diadakannya malem selikuran ini diharapkan menjadi sarana pengingat untuk memperbanyak sedekah, instropeksi diri, dan juga menggiatkan ibadah-ibadah lain dalam sepuluh hari di Bulan Ramadan.

Acara malem selikuran ini dilaksanakan mulai pukul 17.00 WIB di Balai Padukuhan Kropak dengan melakukan doa bersama yang dipimpin oleh salah satu tokoh. Acara Malem Selikuran selesai tak lama setelah adzan Maghrib penanda buka puasa berkumandang.

Karena dalam penanggalan Tahun Hijriah atau Jawa pergantian hari dimulai saat matahari tenggelam, maka dapat dikatakan acara malem selikuran ini berakhir pada awal malam tanggal dua puluh satu Ramadan.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar