Sadranan Watu Dukun

edy s 16 Juli 2020 14:34:57 WIB

Giripanggung (giripanggung-tepus.desa.id). Kamis Pon 16 Juli 2020 masyarakat Padukuhan Trenggulun menyelenggarakan Tradisi Sadranan Watu Dukun. Tradisi ini dilaksanakan sebagai wujud syukur masyarakat atas limpahan anugerah dari Tuhan, yang berupa panen yang melimpah, selalu diberi kesehatan, keselamatan, dan kebahagiaan. Selain itu juga sebagai manivestasi dalam pelestarian adat, tradisi, dan budaya yang turun-temurun dari para leluhur.

        Tradisi tersebut dilaksanakan setiap tahun pada hari Kamis Pon sebelum acara merti dusun atau Rasulan. Merti Dusun atau Rasulan digelar pada hari Senin Pahing. Dalam tradisi tersebut warga secara sukarela membawa ingkung ayam, bahkan ada yang membawa daging satu ekor kambing.

        Diawali dengan acara ritual yang dipimpin oleh Juru Kunci (Dukuh) dilanjutkan dengan doa bersama yang dipimpin tokoh adat Padukuhan Trenggulun. Prosesi selanjutnya ingkung ayam dan daging kambing yang terkumpul dibawa ke Balai Padukuhan untuk dibagikan kepada warga Padukuhan Trenggulun.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar